Senin, 10 November 2008

Peningkatan Jalan Sembuluh Sudah 60 Persen

Pekerjaan peningkatan jalan Desa Sembuluh kecamatan Danau Sembuluh saat ini sudah mulai rampung dikerjakan. Proyek pekerjaan jalan sepanjang 1,8 Km yang dikerjakan oleh CV Jaka milik H Cahyo ini, terdiri atas pekerjaan penimbunan jalan serta pembuatan siring sepanjang 600 meter ditambah timbunan spot sepanjang 1,2 Km.
Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan Dinas PU Seruyan Hadrianur menjelaskan, sesuai rencana yang disepakati, peningkatan jalan fungsional di desa tersebut hanya sepanjang 600 meter dari titik nol. Sementara sisanya meliputi pekerjaan spot-spot atau timbunan-timbunan pada jalan yang dianggap layak untuk dilakukan pekerjaan. Sementara untuk pekerjaan jalan ini sendiri sudah mencapai 60 persen.
“Untuk proyek ini, memerlukan dana penawaran sebesar 498 juta, sementara untuk DIP atau nilai pagu sebesar 500 Juta. Adapun pekerjaan jalan ini mulai dikerjakan sesuai kontrak kerja pada tanggal 31 Mei 2005 sampai bulan oktober 2005,” ujar Hadrianur didampingi pengawas proyek, Angkung dan pemilik CV Jaka, H Cahyo, saat dibincangi wartawan koran ini beberapa waktu lalu.
Terkait penentuan titik nol dimulai pekerjaan ini, kata Hadrianur, dimulai dari ujung desa Sembuluh I yang juga menjadi batas desa antara Sembuluh I dan II. Kenapa? Sebab ujarnya, lokasi yang dijadikan titik nol hingga 600 meter sesudahnya, memang terbilang rusak berat akibat erosi. Sementara di lokasi lainnya untuk sementara belum begitu mengkhawatirkan. “Kendati titik nol-nya berada di desa Sembuluh I, tapi pekerjaan jalan ini nantinya akan meliputi jalan Desa Sembuluh I dan II secara keseluruhan. Namun demikian, sistem prioritas tetap dikedepankan sehingga jalan ini nantinya bisa berfungsi semaksimal mungkin seperti yang diharapkan,” imbuhnya.
Ditambahkannya, untuk tahun 2005 ini khusus di Kecamatan Danau Sembuluh, ada beberapa proyek peningkatan jalan yang dilaksanakan. Diantaranya jalan kabupaten yang menghubungkan simpang Bangkal menuju desa Telaga Pulang sepanjang 28 Km serta Jalan simpang Bangkal menuju ke desa Sembuluh sepanjang 25 Km. “Pekerjaan ini meliputi penimbunan badan jalan dengan menggunakan Aggregat C,” pungkasnya.(ord)

Tidak ada komentar: