Senin, 10 November 2008

Nama Sembuluh Raya Bakal Diubah

Wacana pemekaran kecamatan hasil pecahan dari Kecamatan Danau Sembuluh yang semula diusulkan bernama Sembuluh Raya, kemungkinan bakal berubah. Perubahan ini terjadi dengan belum dimasukkannya desa Sembuluh I dan Sembuluh II dalam rencana pemekaran yang Raperdanya bakal diajukan ke DPRD Seruyan itu.
Kabag Pemerintahan Setda Seruyan Mahfudz SH mengatakan, untuk desa yang diusulkan tergabung dalam kecamatan Seruyan Raya itu adalah desa Selonok, Lampasa, Terawan, Tebiku dan desa Bangkal.
“Untuk desa Sembuluh I dan Sembuluh II yang semula kita gabung dalam rencana kecamatan baru ini, sementara tidak diikutkan dulu. Sebab kemungkinan besar dua desa ini juga bakal dimekarkan menjadi kecamatan,” ujar Mahfudz di kantor Setda Seruyan, Kamis (19/7) pagi.
Untuk usulan ibu kota kecamatan Seruyan Raya tersebut, kata Mahfudz, berada di Km68 desa Terawan. Ini ujarnya, telah ditetapkan berdasarkan hasil kesepakatan dari desa-desa yang bergabung dalam kecamatan Seruyan Raya.
Terkait rencana usulan pemekaran kecamatan yang Raperdanya bakal diajukan untuk dibahas menjadi Perda di DPRD Seruyan beberapa waktu mendatang, kata Mahfudz, yakni Seruyan Hilir Timur dengan ibukota Pematang Panjang, Seruyan Raya beribukota Terawan, Danau Seluluk beribukota Asam Baru, Batu Ampar beribukota Sandul dan terakhir Kecamatan Suling Tambun beribukota Tumbang Langkai.
“Perlu kami sampaikan, rencana pemekaran kecamatan ini baru merupakan usulan berupa Raperda ke DPRD Seruyan. Untuk keputusan final terkait usulan ini, tentunya masih akan dilakukan proses pembahasan di DPRD. Namun kami berharap semua bisa berjalan lancar sehingga rencana pemekaran wilayah kecamatan ini bisa terealisasi cepat seperti yang diharapkan,” imbuhnya didampingi Kasi Pemerintahan Kecamatan Tuhas Bandrang SIp.(ord)

Tidak ada komentar: